Kamis, 26 Juli 2012

Rawon Gajah Mada Sidoarjo

Waktu sudah menunjukkan pukul 21.30, tiba tiba saja dalam perjalanan pulang, terlintas ingin kulineran malam dulu. tidak tanggung tanggung kota sidoarjo tujuanku.

tujuan pertama stasiun kereta api gedangan, disini saya ingin mencicipi menu krengsengan yg kata banyak orang enak.
Sampai dilokasi, warung sudah tutup. akhirnya karena kepalang tanggung sudah memasuki wilayah kabupaten sidoarjo, maka tujuan dirubah ke rawon gajah mada yg menurut teman teman saya enak.

Sampai juga diwarung rawon terpal tepi jalan, terletak dijalan gajah mada tepat diseberang Mall Matahari Sidoarjo. Seperti biasa cek akan kebersihan lokasi warung, good bagus dan bersih banget. like that :-)
Dan tanpa pikir panjang saya langsung memesan 1 porsi rawon dan 2 teh hangat. Disini ada yg unik, kenapa si penjual menanyakan pake lauk apa, bingung juga, saya bilang pesan 1 porsi rawon, tetap ditanya pake lauk apa. Ternyata rawon ini dijual per porsi dgn isi nasi + kuah hitam rawon tanpa isi + lauk + tempe goreng.
Jadi lauk disini sebagai pengganti isi rawon, lauknya bisa milih ada paru goreng lembut gak garing, empal, otak otak, daging dendeng srundeng, dan beberapa pilihan lauk lainnya.

Tak perlu menunggu lama, menu nasi rawon yg berisi lauk paru goreng + empal dan tempe goreng telah siap dinikmati. Kuahnya bening, tidak ngendal, paduan rasa kaldu daging dipadu dgn bawang prei, daun bawang, sereh, keluwek, ketumbar dan sedikit terasa ada trasinya walau tidak dominan, membuat aroma bumbu bumbu tadi semakin mantaf, apalagi harum kesegaran daun jeruk dalam kuahnya, bikin lidah serasa ingin menari nari diatas nikmatnya suapan demi suapan rawon gajah mada. Paru gorengnya lembut sekali, empal gorengnya mantaf tebal dan tidak susah mengunyahnya, tempe gorengnya sama lah dgn rasa tempe pada umumya, yah sekedar tambahan bagian dari porsinya.

Usai menikmati rawon, saya tutup dengan nikmatnya teh hangat. Tidak sekedar sajian teh pada umumnya, bener bener niat pake salah satu merk terkenal kayaknya :-) ini baru niat jualan minuman.
Nikmatnya rawon dan teh hangat, bikin saya dan istri mbontot 2 menu rawon untuk sahur pagi esok.

Lima puluh lima ribu rupiah saja untuk menutupi total biaya nikmatnya rawon gajah mada ini, itu sudah termasuk 3 porsi rawon, tambahan empal goreng, dan dua teh hangat.

Rasanya masih ingin menikmati malam dengan sajian kuliner khas jawa timuran, waktu sudah semakin malam, masih ada hari esok untuk melanjutkan perburuan kulineran lainnya.

See you next ya :-)
12:27:56 AM Thu, Jul 26, 2012