Rabu, 02 Februari 2011

Pertolongan pertama pada serangan jantung.

Tips ini dibuat oleh guru saya yang juga member milis ini.
Silakan dibaca baik².
Apabila ada pertanyaan, silakan langsung reply email ini dan beliau akan senang hati menjawabnya

Terima kasih, Prof. Teddy...dan mohon izin saya posting disini.

----------

Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

Belajar dari penyebab meninggalnya Ida Kusumah di lokasi shooting :
Info yg sangat berguna...... Pertolongan Pertama pad serangan jantung. Misalnya saat sekarang pukul 17:23, setelah Anda sibuk kerja seharian, Anda sedang dalam perjalanan pulang dengan mengendarai mobil sendirian. Tiba-tiba Anda merasakan sakit yang luar biasa di dada & mulai menjalar ke lengan serta dagu. Tetapi jarak ke RS yang terdekat kira-kira masih 5 Km, lebih celakanya lagi Anda tidak tahu apakah Anda mampu bertahan sampai sejauh itu. Saat sendirian, kena serangan jantung, bagaimana cara pertolongan pertamanya?

Seseorang ketika jantungnya tidak dapat berdenyut secara normal dan merasa hampir pingsan, ia hanya mempunyai waktu kira-kira 10 detik, setelah itu akan hilang kesadarannya & pingsan. Jika di sekitarnya tidak ada orang memberi pertolongan pertama, penderita harus memanfaatkan 10 detik yang singkat ini untuk berusaha menolong dirinya sendiri.

Harus Bagaimana ?
Jawabannya: JANGAN PANIK, USAHAKAN BATUK TERUS DENGAN SEKUAT TENAGA. SETIAP KALI SEBELUM BATUK, HARUS TARIK NAFAS DALAM-DALAM, KEMUDIAN BATUK DENGAN KUAT-KUAT, DALAM-DALAM & PANJANG-PANJANG, seperti hendak mengeluarkan dahak yang berada dalam dada.

SETIAP SELANG 2 DETIK HARUS TARIK NAFAS SEKALI & BATUK SEKALI. Hingga pertolongan tiba, atau kalau merasa denyut jantung sudah normal, baru boleh beristirahat.

Tujuan tarik nafas : untuk memasukkan Oksigen ke paru-paru.

Tujuan batuk : untuk menekan jantung, agar aliran darah bersikulasi. Menekan jantung juga dapat membantu denyut jantung kembali normal. Pertolongan cara ini maksudnya, agar anda mempunyai kesempatan untuk pergi ke Rumah Sakit.
(article published on No. 240 of Journal of General Hospital Rochester,2010,March).

Jangan kira bila berumur kurang dari 30 tahun, tidak mungkin dapat serangan jantung!!!


boy[at]curvelife.com
Y! ayherjana