Minggu, 02 Mei 2010

4SQ atau Foursquare apa itu ?

Foursquare atau lazim disebut 4SQ cukup booming di Jakarta, Surabaya dan kota besar lainnya. Saya coba sedikit menjelaskan namun disini memang tidak akan detil, tapi dengan penjelasan ini bisa menjadi bahan acuan.

Foursquare itu sebetulnya mirip2 dengan facebook atau twitter, jejaring social dimana bisa bertemu dengan teman. Advatagenya adalah di aplikasi ini kita bisa CHECK IN. CHECK IN ini istilah yang dipakai di FourSquare. Di banyak tempat yang sudah ada karena dibuat / di add place oleh orang lain (baik yang kenal maupun tidak kenal) atau juga di add oleh kita sendiri.

Aplikasi ini juga bisa melakukan update status yang istilahnya SHOUT (comment kalo di FB dan tweet kalo di TWITTER). SHOUT ini bisa dikoneksikan / di link kan ke account facebook dan twitter kita. Jadi pada saat bersamaan kita CHECKIN sekaligus SHOUT juga bisa muncul di FB dan twitter kita.

Uniknya aplikasi ini adalah dia menggunakan sistem GPS yang mendetect posisi kita dan juga melalui cell BTS HP yang kita gunakan. Di setiap lokasi yang kia add pun ada peta nya.

Kelemahan dari aplikasi ini memang pada penentuan lokasi nya dimana Google Maps yang digunakan sampai saat ini untuk beberapa daerah di Indonesia masih tergolong ngaco alias tidak tepat. Jadi waktu kita add sebuah lokasi, atau orang lain add sebuah lokasi, perasaan sih pada kenyataan nya kita sudah tepat berdiri di lokasi tersebut namun 4SQ mendetect bahwa kita masih 100 meter lebih dari situ misalnya.

Setiap kita check in di sebuah tempat, kita akan mendapatkan BADGE / medali, dan akan semakin banyak medali yang diunlock karena klasifikasi tetentu misalkan sudah check in di 10 tempat berbeda, menjadi mayor di sebuah tempat, check in pertama kali, dsb. Di sinilah sisi fun nya dari aplikasi ini. Tentunya kita akan berpikir bisa curang dengan sembarangan pindah2 tempat dalam sekejap untuk memboost perolehan medali kita ? Sayangnya itu tidak bisa. Karena aplikasi ini akan menilai kita terlalu cepat berpindah dan check in yang kita lakukan tidak akan dinilai poinnya. Terlalu jauh dari obyek pun tidak akan dinilai. Maksimal di kisaran 75 m dari obyek menurut perhitungan aplikasi 4SQ ini.

Awalnya aplikasi ini ditujukan untuk bisa mempromosikan outlet tertentu, makanan, bistro, gamezone, dll. karena semakin banyak yang suka checkin disitu tentunya tempat tersebut semakin terkenal sebagai tempat nongkrong, dan 4SQ akan bekerja sama dengan tempat tersebut dimana pooint2 yang kita dapat bisa berlaku sebagai point reward untuk belanja disitu. Namun di indonesia ? rasanya masih sulit but at least ga ada salahnya iseng buat main dan coba coba

Untuk mengatasi kondisi peta yang ngaco, atau ingin membuat tempat yang lebih tepat lokasinya, bisa juga dari akses internet via komputer. karena kalo via komputer petanya bisa digeser2. cukup login di situs 4SQ nya, untuk melink kan dengan account facebook dan twitter kita pun harus dari komputer.

Ini link buat BlackBerry anda :-)

http://foursquare.com/blackberry/beta

semoga membantu dan selamat mencoba

8:46:35 PM Sun, May 2, 2010