Jumat, 09 April 2010

Bijak menggunakan Broadcast Message di BlackBerry Messenger

BlackBerry telah menjadi fenomena yang sangat luar biasa. Banyak hal yang menjadi motivasi orang menggunakannya, menyadari fungsi atau sekedar ikutan tren, gaya-gayaan dan buang-buang uang.

Apapun motivasinya, banyak pengguna yang memiliki pengetahuan sangat terbatas tentang BlackBerry, termasuk etika penggunaannya.

Telah ada puluhan versi broadcast message yang menghimbau untuk BIJAK DALAM PENGUNAAN BROADCAST MESSAGE, namun hal ini tidak menghalangi atau mengurangi orang-orang untuk terus menyebarkan hoax atau berita bohong.

Untuk itu, saya menghimbau sekali lagi, BIJAKSANALAH DALAM MENGGUNAKAN BLACKBERRY ANDA,

1. Apabila menerima broadcast message mengenai BlackBerry atau hal teknis yang berkaitan, jangan SOK TAU dg langsung di broadcast kembali ke seluruh contacts anda. Apalagi jika anda tidak mengerti atau tidak tahu kebenarannya.

2. Sebaiknya tanyakan kebenaran informasi tersebut kepada teman atau kerabat yang lebih mengerti dan memiliki pengetahuan mengenai BlackBerry lebih jago dibanding anda. Lakukan hal tersebut, sebelum anda malu karena menyebarkan informasi menyesatkan.

3. Perbanyak pengetahuan anda mengenai BlackBerry dengan membaca atau mengikuti milis atau kelompok pengguna BlackBerry yang dapat dipercaya.

4. Ingat, apa yang menurut anda penting atau lucu, belum tentu penting dan lucu bagi orang lain, so please.. Be wise and grow up!

5. Mempromosikan produk atau acara anda mungkin penting bagi anda dan komunitas, tapi bisa jadi mengganggu bagi orang lain. Jadi sekali lagi, please be wise and grow up!

6. Apabila menerima pesan berantai yang berisi ancaman, tidak perlu berbagi penderitaan dan keparnoan anda kepada orang lain. Anda tentunya cukup pintar, berpendidikan dan beriman untuk mempercayai hal seperti itu.

7. Jika anda tidak mengindahkan catatan di atas, jangan tersinggung jika teman atau kerabat menghapus nama anda dalam contacts blackberry mereka maupun mengumpat dan mengucapkan kata kata yang kurang berkenan bagi anda.

So grow up and be wise

09 April 2010 14.10 WIB