Selasa, 06 Juli 2010

Manfaat Bersepeda

MASIH pesimistis atas manfaat bersepeda? Sebuah penelitian menemukan keuntungan yang didapatkan dari bersepeda jauh lebih besar ketimbang risikonya.

Tim ahli menganalisis studi-studi internasional yang membandingkan manfaat berolahraga dengan bahaya polusi kendaraan dan insiden lalu lintas. Studi berlanjut kepada 500 ribu warga Belanda yang diminta mengganti mobil dengan sepeda dalam satu perjalanan untuk sehari saja.

Studi itu menemukan manfaat kesehatan bagi pengendara sepeda setidaknya sembilan kali lebih besar daripada risiko bahayanya. Pengemudi sepeda rata-rata hidup lebih lama mulai tiga sampai 14 bulan karena meningkatnya aktivitas fisik. Di sisi lain, risiko berkurangnya waktu hidup akibat terkena polusi udara 'hanya' sekitar 0,8 hingga 40 hari. Untuk kecelakaan fatal yang kira-kira mengurangi hari hidup pengendara sepeda sebanyak lima hingga sembilan hari.

Tim peneliti juga mencatat faedah bersepeda bagi kesehatan publik. Dengan menghilangkan 500 ribu mobil hanya untuk satu perjalanan per hari dapat mengurangi polusi udara secara signifikan. (HealthDay News/ICH)

Disadur dari metrotvnews.com
9:06:38 AM Tue, Jul 6, 2010